Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    game stratifikasi sosial

    kutubuku
    kutubuku
    Mega Ultimate Member


    Zodiac : Virgo Jumlah posting : 297
    Join date : 18.06.10
    Age : 37
    Lokasi : rahasia

    game stratifikasi sosial Empty game stratifikasi sosial

    Post by kutubuku Sun Jun 27, 2010 4:09 pm

    Permainan



    Analisis Sosial: Stratifikasi Sosial




    game stratifikasi sosial Clip_image001





    1. Ajak peserta untuk melakukan permainan
    (game), jelaskan hasil yang akan
    diperoleh dari sesi ini.



    2. Agar suasana forum lebih leluasa,
    formasi tempat duduk sedapat mungkin dibuat setengah lingkaran atau membentuk
    huruf “U” dengan tanpa memakai meja tulis, sehingga di tengah-tengah formasi
    tidak ada benda apapun yang menghambat jalannya proses permainan.



    3. Perintahkan kepada semua peserta untuk
    mengambil masing-masing 5 (lima buah) biji mata uang (terbuat dari kempyeng,
    kancing baju, dll.) yang terdapat dalam kotak tertutup.



    Sebelumnya, fasilitator telah
    menyiapkan biji mata uang yang terdiri dari 5 (lima) warna, dan masing-masing
    warna memiliki nilai yang berbeda. Untuk
    20 orang peserta dipersiapkan biji mata uang sebagai berikut :



    • Hitam,
      bernilai 10 (30%) 30 buah.

    • Hijau,
      bernilai 25 (25%) 25 buah

    • Ungu,
      bernilai 50 (20%) 20 buah

    • Kuning,
      bernilai 75 (15%) 15 buah

    • Putih,
      bernilai 100 (10%) 10 buah






    game stratifikasi sosial Clip_image002







    (100%) 100 buah


    4. Setiap peserta selesai mengambil 5
    (lima) buah, masing-masing peserta meletakkan biji mata uang tersebut dalam
    sebuah amplop tertutup sehingga peserta yang lain tidak melihat variasi biji
    yang telah diambil.



    5.
    Setelah
    semua peserta mendapat bagian, suruh mereka menghitung jumlah nilai yang
    didapatkan berdasarkan tabel nilai biji mata uang sebagai mana di atas.



    6.
    Tuliskan
    semua pendapatan masing-masing peserta dalam tabulasi nilai yang telah
    dipersiapkan oleh fasilitator di depan kelas (forum) sehingga semua peserta
    dapat melihatnya.






    NO.

    NAMA

    PUTARAN
    TRANSAKSI


    0

    I

    II

    ……

    1.

    AAAAAAA

    ……

    ……

    ……

    ……

    2.

    BBBBBBBB

    ……

    ……

    ……

    ……

    3.

    XXXXXXX

    ……

    ……

    ……

    ……



    …………………

    ……

    ……

    ……

    ……

    20.

    ZZZZZZZ

    ……

    ……

    ……

    ……





    7. Buatkan range dari hasil tabulasi nilai pendapatan sehingga membentuk tiga
    pengelompokan peserta. Misal:
    £ 150
    kelompok nilai bawah, 155 – 195 kelompok nilai tengah, dan
    ³ 200
    kelompok nilai atas. Range nilai dibuat sedemikian rupa
    sehingga yang terbesar jumlah pengelompokannya berturut-turut: kelompok nilai
    bawah, kelompok nilai tengah, dan kelompok nilai atas.



    8. Kelompokkan peserta berdasarkan
    kelompok nilai, masing-masing: kelompok nilai bawah pada kelas bawah, kelompok nilai tengah pada kelas menengah, dan kelompok nilai atas pada kelas atas. Atur sedemikian
    rupa pengelompokannya sehingga diantara kelompok saling terpisah.



    9. Berikan tanda (gordon/kalung, pin, pita, dsb.) masing-masing peserta dalam
    kelompok kelasnya. Misal: kelas bawah =
    warna merah, kelas menengah = warna hijau, dan kelas atas = warna ungu. Ini diberikan untuk mengetahui terjadinya
    rolling kelas pada setiap putaran transaksi.



    10. Pada tahap ini peserta telah berada
    dalam pengelompokan berdasarkan kelas sosial atau stratifikasi sosial.



    11. Lakukan tahapan transaksi uang diantara
    peserta, di atau antar kelompok (bebas), sehingga terjadi rolling kelas (perguliran kelas), dengan peraturan sebagai berikut
    :



    • Setiap
      peserta bebas melakukan transaksi dengan siapapun dan dari kelompok
      manapun.

    • Waktu
      untuk transaksi pada setiap putaran transaksi adalah 10 menit.

    • Cara
      bertransaksi :




    - dilakukan dengan berdiri dan saling
    berhadapan dengan pasangan transaksi.



    - Transaksi diawali dengan bersalaman
    memakai tangan kiri.



    - Tangan kanan memegang biji mata uang
    yang akan dipertukarkan, tanpa diketahui lawan transaksi.



    - Selama transaksi berlangsung, tidak
    diperkenankan berbicara atau harus saling bungkam.



    - Begitu transaksi selesai kembalilah
    ketempat kelompok semula berdasarkan kelompok kelas.



    - Mereka/peserta yang tidak mau melakukan
    transaksi, bersendekap tangan (melipat kedua tangan di atas perut).



    12. Catat kembali semua pendapatan
    masing-masing peserta dalam tabulasi nilai seperti pada proses nomor 6. Buatkan
    range baru berdasarkan variasi nilai
    pendapatan seperti pada proses 7 dan kelompokkan peserta berdasarkan kelompok
    kelas seperti pada proses 8. Berikan
    tanda pengenal kelompok kelas seperti proses 9.



    13. Berikan hadiah minuman dan makanan
    (kue) dari merk terkenal kepada kelompok kelas atas. Misal minuman coca cola, pepsi dan dunkin
    donat, twins donat, dll.



    14. Lakukan transaksi yang kedua
    sebagaimana proses transaksi pertama dilakukan.



    15. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
    buatkan range, dan kelompokkan
    berdasarkan kelas. Demikian seterusnya jika terjadi transaksi berikutnya. Beri
    tanda pengenal kelompok kelas.



    16. Berikan subsidi kepada masing-masing
    kelompok untuk dibagikan kepada anggota kelompoknya berdasarkan kesepakatan
    kelompok kelas. Jumlah subsidi
    berturut-turut adalah: kelas bawah = 350, kelas menengah = 250, dan kelas atas
    200. Subsidi diberikan dalam amplop
    tertutup.



    17. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
    buatkan range, dan kelompokkan berdasarkan kelas. Beri tanda pengenal kelompok
    kelas.



    18. Perintahkan masing-masing kelompok
    kelas untuk merundingkan pembuatan peraturan baru yang dianggap menguntungkan
    kelompoknya. Kelompok yang mengajukan
    peraturan lebih dahulu, maka peraturan yang diajukan itu yang akan dipakai pada
    proses permainan berikutnya.



    19. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
    buatkan range, dan kelompokkan
    berdasarkan kelas. Beri tanda pengenal kelompok kelas.



    20. Akhiri permainan. Kembalikan peserta ke posisi sebelum
    permainan dimulai.



    21. Lakukan penyampaian kesan-kesan yang
    ditangkap oleh masing-masing peserta, setelah itu lakukan brainstorming (curah pendapat).



    22. Bentuk kelompok baru (5 – 7
    orang). Lakukan diskusi di masing-masing
    kelompok dengan memakai pertanyaan pembantu.
    Waktu untuk diskusi kelompok 30 menit.



    23. Lakukan presentasi masing-masing
    kelompok dan akhiri dengan brainstorming
    (curah pendapat).



    24. Akhiri sesi ini dengan menemukan
    prinsip-prinsip yang muncul dari permainan ini dan kembangkan ke arah pemahaman
    stratifikasi sosial.






    -----------------------------------------








    Pemberian subsidi :


    1. Kelas bawah ; 350, terdiri dari biji :
    hitam 10 biji, hijau 3 biji, ungu 2 biji, dan kuning 1 biji.



    2. Kelas menengah; 250, terdiri dari :
    hitam 5 biji, hijau 3 biji, ungu 1 biji,
    dan kuning 1 biji.



    3. Kelas atas; 200, terdiri dari : hijau 2
    biji, ungu 1 biji, dan putih 1 biji.









    Pemberian makanan dan minuman sebagai hadiah hanya
    dilakukan/diberikan sekali pada saat terjadinya kelompok kelas setelah
    transaksi kesatu.









    Pertanyaan pembantu dalam diskusi kelompok:


    1. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Bawah yang muncul dalam permainan?


    - Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
    awal, tengah, atau akhir permainan)?



    - Apakah ada perubahan sikap dan sifat.


    2. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Menengah yang muncul dalam
    permainan?



    - Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
    awal, tengah, atau akhir permainan)?



    - Apakah ada perubahan sikap dan sifat.


    3. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Atas yang muncul dalam permainan?


    - Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
    awal, tengah, atau akhir permainan)?



    - Apakah ada perubahan sikap dan sifat.


    4. Berapa yang berhasil naik jenjang,
    turun jenjang, atau tetap (banyak atau sedikit).



    5. Mengapa Kelas Atas berhasil mempertahankan kedudukannya (karena ulet atau
    karena aturan permainan)?



    - Mengapa Kelas Bawah sulit naik jenjang (karena ulet, putus asa, atau karena
    aturan permainan)?



    6. Bagaimana nilai-nilai yang ada dalam
    permainan (dimonopoli oleh kelompok tertentu atau terbagi mereta).



    7. Bagaimana jalan keluar agar Kelas Bawah dapat naik jenjang?





    _____________________________

      Waktu sekarang Mon Nov 25, 2024 5:53 pm