Permainan
Analisis Sosial: Stratifikasi Sosial
1. Ajak peserta untuk melakukan permainan
(game), jelaskan hasil yang akan
diperoleh dari sesi ini.
2. Agar suasana forum lebih leluasa,
formasi tempat duduk sedapat mungkin dibuat setengah lingkaran atau membentuk
huruf “U” dengan tanpa memakai meja tulis, sehingga di tengah-tengah formasi
tidak ada benda apapun yang menghambat jalannya proses permainan.
3. Perintahkan kepada semua peserta untuk
mengambil masing-masing 5 (lima buah) biji mata uang (terbuat dari kempyeng,
kancing baju, dll.) yang terdapat dalam kotak tertutup.
Sebelumnya, fasilitator telah
menyiapkan biji mata uang yang terdiri dari 5 (lima) warna, dan masing-masing
warna memiliki nilai yang berbeda. Untuk
20 orang peserta dipersiapkan biji mata uang sebagai berikut :
(100%) 100 buah
4. Setiap peserta selesai mengambil 5
(lima) buah, masing-masing peserta meletakkan biji mata uang tersebut dalam
sebuah amplop tertutup sehingga peserta yang lain tidak melihat variasi biji
yang telah diambil.
5.
Setelah
semua peserta mendapat bagian, suruh mereka menghitung jumlah nilai yang
didapatkan berdasarkan tabel nilai biji mata uang sebagai mana di atas.
6.
Tuliskan
semua pendapatan masing-masing peserta dalam tabulasi nilai yang telah
dipersiapkan oleh fasilitator di depan kelas (forum) sehingga semua peserta
dapat melihatnya.
7. Buatkan range dari hasil tabulasi nilai pendapatan sehingga membentuk tiga
pengelompokan peserta. Misal: £ 150
kelompok nilai bawah, 155 – 195 kelompok nilai tengah, dan ³ 200
kelompok nilai atas. Range nilai dibuat sedemikian rupa
sehingga yang terbesar jumlah pengelompokannya berturut-turut: kelompok nilai
bawah, kelompok nilai tengah, dan kelompok nilai atas.
8. Kelompokkan peserta berdasarkan
kelompok nilai, masing-masing: kelompok nilai bawah pada kelas bawah, kelompok nilai tengah pada kelas menengah, dan kelompok nilai atas pada kelas atas. Atur sedemikian
rupa pengelompokannya sehingga diantara kelompok saling terpisah.
9. Berikan tanda (gordon/kalung, pin, pita, dsb.) masing-masing peserta dalam
kelompok kelasnya. Misal: kelas bawah =
warna merah, kelas menengah = warna hijau, dan kelas atas = warna ungu. Ini diberikan untuk mengetahui terjadinya
rolling kelas pada setiap putaran transaksi.
10. Pada tahap ini peserta telah berada
dalam pengelompokan berdasarkan kelas sosial atau stratifikasi sosial.
11. Lakukan tahapan transaksi uang diantara
peserta, di atau antar kelompok (bebas), sehingga terjadi rolling kelas (perguliran kelas), dengan peraturan sebagai berikut
:
- dilakukan dengan berdiri dan saling
berhadapan dengan pasangan transaksi.
- Transaksi diawali dengan bersalaman
memakai tangan kiri.
- Tangan kanan memegang biji mata uang
yang akan dipertukarkan, tanpa diketahui lawan transaksi.
- Selama transaksi berlangsung, tidak
diperkenankan berbicara atau harus saling bungkam.
- Begitu transaksi selesai kembalilah
ketempat kelompok semula berdasarkan kelompok kelas.
- Mereka/peserta yang tidak mau melakukan
transaksi, bersendekap tangan (melipat kedua tangan di atas perut).
12. Catat kembali semua pendapatan
masing-masing peserta dalam tabulasi nilai seperti pada proses nomor 6. Buatkan
range baru berdasarkan variasi nilai
pendapatan seperti pada proses 7 dan kelompokkan peserta berdasarkan kelompok
kelas seperti pada proses 8. Berikan
tanda pengenal kelompok kelas seperti proses 9.
13. Berikan hadiah minuman dan makanan
(kue) dari merk terkenal kepada kelompok kelas atas. Misal minuman coca cola, pepsi dan dunkin
donat, twins donat, dll.
14. Lakukan transaksi yang kedua
sebagaimana proses transaksi pertama dilakukan.
15. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
buatkan range, dan kelompokkan
berdasarkan kelas. Demikian seterusnya jika terjadi transaksi berikutnya. Beri
tanda pengenal kelompok kelas.
16. Berikan subsidi kepada masing-masing
kelompok untuk dibagikan kepada anggota kelompoknya berdasarkan kesepakatan
kelompok kelas. Jumlah subsidi
berturut-turut adalah: kelas bawah = 350, kelas menengah = 250, dan kelas atas
200. Subsidi diberikan dalam amplop
tertutup.
17. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
buatkan range, dan kelompokkan berdasarkan kelas. Beri tanda pengenal kelompok
kelas.
18. Perintahkan masing-masing kelompok
kelas untuk merundingkan pembuatan peraturan baru yang dianggap menguntungkan
kelompoknya. Kelompok yang mengajukan
peraturan lebih dahulu, maka peraturan yang diajukan itu yang akan dipakai pada
proses permainan berikutnya.
19. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
buatkan range, dan kelompokkan
berdasarkan kelas. Beri tanda pengenal kelompok kelas.
20. Akhiri permainan. Kembalikan peserta ke posisi sebelum
permainan dimulai.
21. Lakukan penyampaian kesan-kesan yang
ditangkap oleh masing-masing peserta, setelah itu lakukan brainstorming (curah pendapat).
22. Bentuk kelompok baru (5 – 7
orang). Lakukan diskusi di masing-masing
kelompok dengan memakai pertanyaan pembantu.
Waktu untuk diskusi kelompok 30 menit.
23. Lakukan presentasi masing-masing
kelompok dan akhiri dengan brainstorming
(curah pendapat).
24. Akhiri sesi ini dengan menemukan
prinsip-prinsip yang muncul dari permainan ini dan kembangkan ke arah pemahaman
stratifikasi sosial.
-----------------------------------------
Pemberian subsidi :
1. Kelas bawah ; 350, terdiri dari biji :
hitam 10 biji, hijau 3 biji, ungu 2 biji, dan kuning 1 biji.
2. Kelas menengah; 250, terdiri dari :
hitam 5 biji, hijau 3 biji, ungu 1 biji,
dan kuning 1 biji.
3. Kelas atas; 200, terdiri dari : hijau 2
biji, ungu 1 biji, dan putih 1 biji.
Pemberian makanan dan minuman sebagai hadiah hanya
dilakukan/diberikan sekali pada saat terjadinya kelompok kelas setelah
transaksi kesatu.
Pertanyaan pembantu dalam diskusi kelompok:
1. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Bawah yang muncul dalam permainan?
- Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
awal, tengah, atau akhir permainan)?
- Apakah ada perubahan sikap dan sifat.
2. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Menengah yang muncul dalam
permainan?
- Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
awal, tengah, atau akhir permainan)?
- Apakah ada perubahan sikap dan sifat.
3. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Atas yang muncul dalam permainan?
- Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
awal, tengah, atau akhir permainan)?
- Apakah ada perubahan sikap dan sifat.
4. Berapa yang berhasil naik jenjang,
turun jenjang, atau tetap (banyak atau sedikit).
5. Mengapa Kelas Atas berhasil mempertahankan kedudukannya (karena ulet atau
karena aturan permainan)?
- Mengapa Kelas Bawah sulit naik jenjang (karena ulet, putus asa, atau karena
aturan permainan)?
6. Bagaimana nilai-nilai yang ada dalam
permainan (dimonopoli oleh kelompok tertentu atau terbagi mereta).
7. Bagaimana jalan keluar agar Kelas Bawah dapat naik jenjang?
_____________________________
Analisis Sosial: Stratifikasi Sosial
1. Ajak peserta untuk melakukan permainan
(game), jelaskan hasil yang akan
diperoleh dari sesi ini.
2. Agar suasana forum lebih leluasa,
formasi tempat duduk sedapat mungkin dibuat setengah lingkaran atau membentuk
huruf “U” dengan tanpa memakai meja tulis, sehingga di tengah-tengah formasi
tidak ada benda apapun yang menghambat jalannya proses permainan.
3. Perintahkan kepada semua peserta untuk
mengambil masing-masing 5 (lima buah) biji mata uang (terbuat dari kempyeng,
kancing baju, dll.) yang terdapat dalam kotak tertutup.
Sebelumnya, fasilitator telah
menyiapkan biji mata uang yang terdiri dari 5 (lima) warna, dan masing-masing
warna memiliki nilai yang berbeda. Untuk
20 orang peserta dipersiapkan biji mata uang sebagai berikut :
- Hitam,
bernilai 10 (30%) 30 buah. - Hijau,
bernilai 25 (25%) 25 buah - Ungu,
bernilai 50 (20%) 20 buah - Kuning,
bernilai 75 (15%) 15 buah - Putih,
bernilai 100 (10%) 10 buah
(100%) 100 buah
4. Setiap peserta selesai mengambil 5
(lima) buah, masing-masing peserta meletakkan biji mata uang tersebut dalam
sebuah amplop tertutup sehingga peserta yang lain tidak melihat variasi biji
yang telah diambil.
5.
Setelah
semua peserta mendapat bagian, suruh mereka menghitung jumlah nilai yang
didapatkan berdasarkan tabel nilai biji mata uang sebagai mana di atas.
6.
Tuliskan
semua pendapatan masing-masing peserta dalam tabulasi nilai yang telah
dipersiapkan oleh fasilitator di depan kelas (forum) sehingga semua peserta
dapat melihatnya.
NO. | NAMA | PUTARAN TRANSAKSI | |||
0 | I | II | …… | ||
1. | AAAAAAA | …… | …… | …… | …… |
2. | BBBBBBBB | …… | …… | …… | …… |
3. | XXXXXXX | …… | …… | …… | …… |
… | ………………… | …… | …… | …… | …… |
20. | ZZZZZZZ | …… | …… | …… | …… |
7. Buatkan range dari hasil tabulasi nilai pendapatan sehingga membentuk tiga
pengelompokan peserta. Misal: £ 150
kelompok nilai bawah, 155 – 195 kelompok nilai tengah, dan ³ 200
kelompok nilai atas. Range nilai dibuat sedemikian rupa
sehingga yang terbesar jumlah pengelompokannya berturut-turut: kelompok nilai
bawah, kelompok nilai tengah, dan kelompok nilai atas.
8. Kelompokkan peserta berdasarkan
kelompok nilai, masing-masing: kelompok nilai bawah pada kelas bawah, kelompok nilai tengah pada kelas menengah, dan kelompok nilai atas pada kelas atas. Atur sedemikian
rupa pengelompokannya sehingga diantara kelompok saling terpisah.
9. Berikan tanda (gordon/kalung, pin, pita, dsb.) masing-masing peserta dalam
kelompok kelasnya. Misal: kelas bawah =
warna merah, kelas menengah = warna hijau, dan kelas atas = warna ungu. Ini diberikan untuk mengetahui terjadinya
rolling kelas pada setiap putaran transaksi.
10. Pada tahap ini peserta telah berada
dalam pengelompokan berdasarkan kelas sosial atau stratifikasi sosial.
11. Lakukan tahapan transaksi uang diantara
peserta, di atau antar kelompok (bebas), sehingga terjadi rolling kelas (perguliran kelas), dengan peraturan sebagai berikut
:
- Setiap
peserta bebas melakukan transaksi dengan siapapun dan dari kelompok
manapun. - Waktu
untuk transaksi pada setiap putaran transaksi adalah 10 menit. - Cara
bertransaksi :
- dilakukan dengan berdiri dan saling
berhadapan dengan pasangan transaksi.
- Transaksi diawali dengan bersalaman
memakai tangan kiri.
- Tangan kanan memegang biji mata uang
yang akan dipertukarkan, tanpa diketahui lawan transaksi.
- Selama transaksi berlangsung, tidak
diperkenankan berbicara atau harus saling bungkam.
- Begitu transaksi selesai kembalilah
ketempat kelompok semula berdasarkan kelompok kelas.
- Mereka/peserta yang tidak mau melakukan
transaksi, bersendekap tangan (melipat kedua tangan di atas perut).
12. Catat kembali semua pendapatan
masing-masing peserta dalam tabulasi nilai seperti pada proses nomor 6. Buatkan
range baru berdasarkan variasi nilai
pendapatan seperti pada proses 7 dan kelompokkan peserta berdasarkan kelompok
kelas seperti pada proses 8. Berikan
tanda pengenal kelompok kelas seperti proses 9.
13. Berikan hadiah minuman dan makanan
(kue) dari merk terkenal kepada kelompok kelas atas. Misal minuman coca cola, pepsi dan dunkin
donat, twins donat, dll.
14. Lakukan transaksi yang kedua
sebagaimana proses transaksi pertama dilakukan.
15. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
buatkan range, dan kelompokkan
berdasarkan kelas. Demikian seterusnya jika terjadi transaksi berikutnya. Beri
tanda pengenal kelompok kelas.
16. Berikan subsidi kepada masing-masing
kelompok untuk dibagikan kepada anggota kelompoknya berdasarkan kesepakatan
kelompok kelas. Jumlah subsidi
berturut-turut adalah: kelas bawah = 350, kelas menengah = 250, dan kelas atas
200. Subsidi diberikan dalam amplop
tertutup.
17. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
buatkan range, dan kelompokkan berdasarkan kelas. Beri tanda pengenal kelompok
kelas.
18. Perintahkan masing-masing kelompok
kelas untuk merundingkan pembuatan peraturan baru yang dianggap menguntungkan
kelompoknya. Kelompok yang mengajukan
peraturan lebih dahulu, maka peraturan yang diajukan itu yang akan dipakai pada
proses permainan berikutnya.
19. Hitung pendapatan nilai yang diperoleh,
buatkan range, dan kelompokkan
berdasarkan kelas. Beri tanda pengenal kelompok kelas.
20. Akhiri permainan. Kembalikan peserta ke posisi sebelum
permainan dimulai.
21. Lakukan penyampaian kesan-kesan yang
ditangkap oleh masing-masing peserta, setelah itu lakukan brainstorming (curah pendapat).
22. Bentuk kelompok baru (5 – 7
orang). Lakukan diskusi di masing-masing
kelompok dengan memakai pertanyaan pembantu.
Waktu untuk diskusi kelompok 30 menit.
23. Lakukan presentasi masing-masing
kelompok dan akhiri dengan brainstorming
(curah pendapat).
24. Akhiri sesi ini dengan menemukan
prinsip-prinsip yang muncul dari permainan ini dan kembangkan ke arah pemahaman
stratifikasi sosial.
-----------------------------------------
Pemberian subsidi :
1. Kelas bawah ; 350, terdiri dari biji :
hitam 10 biji, hijau 3 biji, ungu 2 biji, dan kuning 1 biji.
2. Kelas menengah; 250, terdiri dari :
hitam 5 biji, hijau 3 biji, ungu 1 biji,
dan kuning 1 biji.
3. Kelas atas; 200, terdiri dari : hijau 2
biji, ungu 1 biji, dan putih 1 biji.
Pemberian makanan dan minuman sebagai hadiah hanya
dilakukan/diberikan sekali pada saat terjadinya kelompok kelas setelah
transaksi kesatu.
Pertanyaan pembantu dalam diskusi kelompok:
1. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Bawah yang muncul dalam permainan?
- Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
awal, tengah, atau akhir permainan)?
- Apakah ada perubahan sikap dan sifat.
2. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Menengah yang muncul dalam
permainan?
- Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
awal, tengah, atau akhir permainan)?
- Apakah ada perubahan sikap dan sifat.
3. Manakah dari sikap dan sifat Kelas Atas yang muncul dalam permainan?
- Kapan sikap dan sifat itu muncul (pada
awal, tengah, atau akhir permainan)?
- Apakah ada perubahan sikap dan sifat.
4. Berapa yang berhasil naik jenjang,
turun jenjang, atau tetap (banyak atau sedikit).
5. Mengapa Kelas Atas berhasil mempertahankan kedudukannya (karena ulet atau
karena aturan permainan)?
- Mengapa Kelas Bawah sulit naik jenjang (karena ulet, putus asa, atau karena
aturan permainan)?
6. Bagaimana nilai-nilai yang ada dalam
permainan (dimonopoli oleh kelompok tertentu atau terbagi mereta).
7. Bagaimana jalan keluar agar Kelas Bawah dapat naik jenjang?
_____________________________
Tue Aug 01, 2023 9:56 pm by wisatasemarang
» Portable STATA 18 Crack Full Version
Thu May 11, 2023 5:24 pm by wisatasemarang
» NVivo 12 Crack Full version
Mon Jan 30, 2023 11:16 am by wisatasemarang
» Tutorial Difference In difference (DID (Diff-in-Diff) With Eviews 13
Thu Nov 03, 2022 6:24 am by wisatasemarang
» Online Workshop Smart PLS Minggu, 01 Oktober 2022
Sat Sep 17, 2022 11:35 am by wisatasemarang
» kumpulan ebook tentang robot
Fri Jan 02, 2015 10:04 pm by kyuru
» MANTRA PELET
Wed May 16, 2012 3:31 am by orlandojack
» book love of spell
Sat Mar 24, 2012 8:08 pm by rifqi as
» attraction Formula
Sat Mar 24, 2012 7:09 pm by rifqi as