Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    tentang aktivis massa

    kutubuku
    kutubuku
    Mega Ultimate Member


    Zodiac : Virgo Jumlah posting : 297
    Join date : 18.06.10
    Age : 37
    Lokasi : rahasia

    tentang aktivis massa Empty tentang aktivis massa

    Post by kutubuku Sat Jul 03, 2010 4:45 pm

    TENTANG AKTIFIS MASSA






    Pandangan, Metode dan Sikap Hidup Aktifis
    Massa





    Aktifis
    massa adalah orang-orang yang hidup ditengah-tengah massa untuk membangkitkan
    kesadaran, menggerakkan dan mengorganisasikan massa. Tujuannya tidak lain dan
    tidak bukan adalah untuk menggerakkan kekuatan massa yang luar biasa dan tiada
    tara demi membebaskan diri dari penindasan, penghisapan, kemiskinan dan
    penderitaan menuju hari depan yang lebih cerah. Seorang aktifis massa berangkat
    dari prinsip penting untuk melayani dan mengabdi kepada massa tidak pernah
    membiarkan dirinya terpisah apalagi tercerabut dari massa, senantiasa
    mengedapankan dan mengutamakan kepentingan massa dibandingkan dengan
    kepentingan diri sendiri. Untuk menjadi seorang aktifis massa ada beberapa
    sikap hidup yang harus dimiliki, dipupuk dan dirawat serta menjadi pedoman
    tindakan dalam seluruh kehidupannya.






    1.Mengabdi Kepada Massa/Rakyat (Serve The People)


    Seorang aktifis massa mengabdikan seluruh kehidupannya, seluruh yang
    dikerjakan untuk kepentingan massa. Kewajiban kita adalah memenuhi tanggung
    jawab terhadap massa. Setiap kata-kata, setiap tindakan dan setiap keputusan
    kita mesti ditujukan untuk kepentingan massa, dan jika kemudian terjadi
    kesalahan, maka kita harus secara jujur mengakuinya dan terlebih lagi dengan
    berani dan rendah hati memperbaikinya. Untuk memahami dengan sepenuhnya
    pengertian mengabdi kepada massa/rakyat, maka ada beberapa hal yang penting
    untuk diperhatikan :



    § Menghancurkan Kepentingan Pribadi Dan
    Mengutamakan Kepentingan Masa/Rakyat (Mengabdi Kepada Massa/Rakyat Sepenuhnya)



    Kepentingan pribadi berarti selalu memikirkan
    diri sendiri, hanya memperhatikan diri sendiri, lapar akan kepopuleran,
    kekayaan, kekuasaan, posisi atau kedudukan. Dengan demikian melupakan atau
    mengesampingkan massa rakyat. Bekerja untuk massa/rakyat artinya tidak
    mencari kepopuleran dan keuntungan, tidak takut baik terhadap kerja keras,
    penderitaan maupun kematian, bekerja sepenuh jiwa untuk perubahan sosial dan
    rakyat. Bekerja untuk kepentingan pribadi dan bekerja untuk kepentingan rakyat
    adalah dua pandangan dunia yang berbeda, satunya pandangan dunia borjuis dan
    satunya adalah pandangan dunia proletar. Kita harus memastikan bahwa kita
    memiliki pandangan dunia kaum tertindas dan mengalahkan dunia borjuis.



    § Hidup Dan Mati Untuk Massa/Rakyat


    “setiap orang akan mati, tetapi kematian bisa
    berbeda-beda maknanya,bisa lebih berat dari gunung atau lebih ringan dari bulu
    belibis. Ada ungkapan, “Mati untuk massa/rakyat nilainya lebih berat daripada
    gunung, sementara bekerja untuk kepentingan penghisap dan penindas rakyat
    nilainya lebih ringan dari bulu belibis.”. Dimana pun dan kapan pun, perjuangan
    menuntut pengorbanan dan itu adalah hal yang biasa. Untuk mengusir ketakutan,
    kita harus menghancurkan kepentingan pribadi dan hanya dengan mengabdi kepada
    rakyat sepenuh hati, akan tumbuh keberanian yang luar biasa. Tidak takut pengorbanan bukan berarti kita tidak
    menghargai hidup. Sebaliknya, untuk dapat mengabdi kepada rakyat kita harus
    memperhatikan keselamatan dan kesehatan serta menghindarkan diri dari
    pengorbanan yang tidak perlu.



    § Dalam Melayani Massa/Rakyat, Harus Selalu
    Memajukan yang Benar Dan Memperbaiki Yang Salah
    .


    Jika kita memiliki kelemahan, maka kita tidak
    takut untuk dibuka dan dikritik, karena kita melayani rakyat. Kita tidak akan
    menjadi egois dan tidak mau dikritik, demikian juga menjadi takut dikritik
    karena takut mendapat malu. Kita justru harus membangun tradisi kritik
    otokritik untuk dapat mengetahui segala kelemahan, keterbatasan dan kesalahan
    sehingga dapat diperbaiki.
    Untuk mengobarkan perjuangan dan perubahan,
    pertama-tama kita harus memperbaiki diri kita sendiri.



    § Bersatu Dengan Kawan Dan Bersatu Dengan
    Rakyat Untuk Mewujudkan Tujuan Yang Benar



    Untuk dapat mewujudkan tujuan perubahan, maka
    kita harus mampu bersatu dengan kawan-kawan sebagai bentuk persatuan internal
    dan bersatu dengan massa/rakyat sebagai bentuk persatuan sesungguhnya karena
    persatuan adalah kekuatan. Persatuan kita adalah persatuan untuk tujuan
    perubahan yang sama sebuah persatuan atas kehendak dan cita-cita mulia membebaskan
    massa dan rakyat dari belenggu penindasan dan penghisapan, terutama dari
    belenggu imperialisme, feodalisme dan kapitalis birokrat.





    2.
    Solidaritas Rakyat Tertindas Internasional (In
    memoriam Norman Bethune
    )





    Pembebasan nasional demokratik di sebuah
    negeri akan dapat berhasil ketika mendapatkan dukungan dari negeri-negeri yang
    lain. Ketika terbangun solidaritas di antara rakyat tertindas di sebuah negeri
    dengan rakyat tertindas di negeri-negeri yang lain, maka akan memudahkan
    perjuangan melawan penindasan imperialisme. Moralitas ini menekankan bahwa
    seorang aktifis massa adalah seorang yang mengubur kepentingan pribadi dan
    mengutamakan kepentingan umum dalam pandagan dunianya (world out look).
    Berpandangan bahwa perjuangan pembebasan nasional demokratik di seluruh penjuru
    dunia adalah bagian dari tanggung jawab sesama kaum tertindas di dunia. Dengan
    semangat internasionalisme, menunjukkan bahwa dalam bekerja tidak mengenal
    batas. Selanjutnya, sepenuh hati dan penuh kehangatan dalam melayani rakyat.
    Solidaritas rakyat tertindas internasional, adalah sebuah teladan dalam
    mengenang pejuang patriotik dari Kanada bernama Norman Bethune yang gugur dalam
    perang pembebasan nasional demokratik rakyat Cina, (1945-1949)






    3. Merangkum Pengalaman Praktek


    Kita juga harus sanggup untuk merangkum seluruh pengalaman
    praktek perjuangan, agar kemudian dapat melakukan penilaian terhadap kemajuan
    dan kelemahan-kelemahan. Praktek mendududki posisi yang paling penting, tetapi
    bukan berarti kita bekerja tanpa teori, tanpa perencanaan dan tanpa usaha untuk
    selalu menarik pelajaran-pelajaran penting.
    Kalau demikian halnya, maka kemudian
    praktek kita menjadi seperti praktek yang tidak bertujuan, seperti panah tanpa
    sasaran. Oleh karenanya, sebelum kita mlakukan penilaian, kita perlu untuk
    merangkum terlebih dahulu seluruh pengalaman praktek sehingga tersedia data
    yang memadai. Untuk merangkum pengalaman praktek maka dapat didasarkan pada
    beberapa hal dibawah ini :



    § Tujuan Awal


    Pertama-tama
    kita harus mengingat kembali tujuan awal yang telah kita tetapkan. Karena
    ketika kita akan memulai sesuatu, kita pasti membuat perencanaan dan
    perencanaan tersebut kita pasti menetapkan tujuan-tujuan dari sebuah program
    atau tindakan. Mengetahui tujuan awal menjadi penting sebagai dasar untuk
    melihat sejauh mana praktek yang dilakukan.
    Demikian juga dapat menjadi kerangka yang
    memfokuskan penyimpulan kita nantinya.






    § Praktek Yang Dilakukan


    Kemudian kita harus mencatat setiap
    pengalaman praktek kita dengan selengkap-lengkapnya, sebenar-benarnya dan
    sejujur-jujurnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penyimpulan dan penilaian
    pengalaman praktek. Untuk memudahkan kita dapat merangkum praktek yang
    dilakukan berdasarkan kategori kerja politik dan kerja organisasi. Lebih baik
    lagi kalau kemudian kita juga mampu untuk menyodorkan data-data yang bersifat
    kuantitatif maupun kualitatif dari keseluruhan praktek kita.



    § Faktor Yang Mempengaruhi


    Faktor
    yang mempengaruhi maksudnya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi praktek yang
    dilakukan, dapat berupa faktor subyektif maupn faktor obyektif. faktor
    subyektif berkaitan dengan keadaan internal dari kita sebagai pelaksana program
    menyangkut soal kapasitas, kemampuan, keadaan dan kesanggupan.misalnya
    kontrdiksi personal kontradiksi internal organisasi yang mempengaruhi
    pelaksanaan program.
    Sedangkan faktor obyektif berkaitan dengan keadaan sosial yang ada ditengah
    massa. Misalnya situasi pemilihan umum akan mempengaruhi sensitifitas politik
    massa terutama yang memiliki kesadaran terbelakang dan pada gilirannya akan
    kerja-kerja politik kita ditengah massa.






    4. Menilai pengalaman Praktek


    Menilai pengalaman Praktek dimaksudkan untuk menilai sejauh
    mana kemajuan yang telah dibuat dan juga mencatat kelemahan-kelemahan dan
    keterbatasan dalam praktek perjuangan. Sehingga dengan demikian kita dapat
    berpikir tidak satu sisiisme saja, hanya melihat kemajuan sehingga bersikap
    arogan atau sebaliknya hanya melihat kelemahan dan keterbatasan sehingga
    menjadi pesimis. Kedua-duanya adalah pandangan yang tidak obyektif dan
    cenderung subyektif.
    Penilaian atas praktek dapat dijalankan dengan melakukan dua hal yaitu :


    § Melakukan Observasi atau Pengamatan


    Observasi yang dilakukan dapat dilakukan
    baik dilapangan politik dan organisasi. Misalnya dilapangan politik bagaimana
    tingkat perkembangan dari pekerjaan propaganda dan perjuangan massa, pendidikan
    politik, investigasi sosial dan juga penggalangan front. Di lapangan organisasi
    kita dapat mengamati apakah kemudian praktek dari prinsip organisasi yang benar
    telah berjalan seperti kepemimpinan kolektif, sistem komite atau juga sejauh
    mana pengembangan organisasi sehingga jumlah anggota ormas semakin besar.



    § Menyimpulkan Inti Sari


    Dari obsevasi yang dilakukan, maka kita dapat menyimpulkan
    intisari secara poitik dan organisasi yang dapat secara ringkas dan jelas
    menunjukan tingkat kemajuan dan juga kelemahan serta persoalan-persoalan yang
    muncul dalam praktek. Kesimpulan inti sari inilah yang akan menjadi dasar bagi
    kita untuk melakukan perencanaan program selanjutnya.






    5.
    Kritik Otokritik



    Kritik Oto Kritik adalah senjata ampuh untuk memecahkan segala
    kesulitan, memperbaiki kesalahan dan kemajuan praktek. Oleh karenannya, kita
    tidak takut akan dikritik Justru dengan kritik otokritik kita dapat
    membersihkan kebiasaan jelek dan merawat serta memelihara yang baik. Seperti
    yang sering kita katakan bahwa sebuah ruangan akan bertumpuk dengan debu, jika
    tidak pernah dibersihkan dan juga muka kita akan kelihatan kotor jika tidak
    pernah dicuci. Demikian juga pikiran dan pekerjaan kita juga perlu untuk
    dibersihkan dan dicuci dengan teratur.



    Prinsip yang penting dalam kritik otokritik adalah pertama ‘belajar
    dari kesalahan masa lalu untuk lebih hati-hait dimasa depan’
    dan mengobati
    penyakit dan menyembuhkan pasien’.
    Kesalahan-kesalahan dimasa lalu harus
    dibongkar dengan tidak segan-segan, keburukan masa lampau harus dianalisa dan
    dikritik secara ilmiah.
    Agar pekerjaan di kemudian hari dapat dilakukan dengan
    lebih hati-hati dan lebih baik. Itulah arti belajar dari kesalahan masa lalu
    untuk lebih hati-hati dimasa depan. Cara melakukannya adalah seperti seorang
    dokter mengobati orang sakit, yaitu untuk menyelamatkan si sakit itu dan bukan
    untuk membuat orang mati. Kritik otokritik tidak ditujukan untuk membuat
    perpecahan, tetapi justru untuk memperkuat persatuan dan memajukan perjuangan.
    Oleh karenanya, kritik otokritik tidak boleh dilakukan secara serampangan
    dengan maksud mencari-cari kesalahan orang lain atau untuk melampiaskan dendam.
    Karena jika hal tersebut dilakukan, maka hanya akan merusak persatuan dan
    memundurkan perjuangan.



    Kritik Otokritik dapat dilakukan baik
    dilapangan politik maupun organisasi berdasarkan pada kesimpulan intisari yang
    telah kita rumuskan ketika melakukan penilaian atas pengalaman praktek. Dengan
    kritik otokritik, kita dapat lebih lanjut mencari akar penyebab dari kelemahan
    dan kegagalan secara poitik dan organisasi pada internal kita sendiri. Namun
    demikian kritik otokritik juga harus sampai menemukan jalan keluar untuk
    memperbaiki kesalahan-kesalahan. Kemudian, tidak terhenti hanya sebatas
    menemukan kesalahan/kegagalan dan jalan keluar untuk mengatasinya. Karena hal
    yang juga penting untuk menunjukan keseriusan kerja kita adalah bagaimana
    memperbaiki kesalahan yang ada. Misalnya, arti penilaian pengalaman
    praktek kita dapat dimengerti bahwa kerja propaganda dan perjuangan massa kita
    sangat lemah. Setelah dilakukan kritik otokritik, maka kita dapat menemukan dua
    hal penyebab utama secara internal, dalam diri kita yaitu masih lemahnya kerja
    investigasi sosial kita, karena subyekjtifisme kita masih kuat sehingga kita
    tidak cukup mengerti tentang persoalan massa, dan kedua masih belum erat
    hubungan atau pertalian kita dengan massa karena kesadaran kita masih lemah.
    Yang harus kemudian dilakukan adalah melakukan penyelidikan sosial untuk lebih
    mengerti tentang persoalan massa dan dapat lebih erat berhubungan dengan massa.

      Waktu sekarang Sat Nov 23, 2024 7:42 pm