Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    filosofi pendidikan

    admin
    admin
    Admin
    Admin


    Zodiac : Virgo Jumlah posting : 688
    Join date : 19.03.10
    Age : 36
    Lokasi : Malang-Indonesia

    filosofi pendidikan Empty filosofi pendidikan

    Post by admin Wed Jun 09, 2010 1:03 am

    Filosofi
    Pendidikan secara definitif adalah cara pandang atau sudut pandang dalam
    pendidikan. Cara pandang dalam pendidikan memiliki arti penting dalam meng
    interpretasikan praktek pendidikan. Disinilah letak “teori akan selalu memimpin
    praktek”. Teori dan praktek tidak akan pernah terpisahkan. Kesatuan antara
    teori dan praktek bersifat mutlak dalam upaya FMN untuk memajukan kesadaran dan
    pengetahuan massa pemuda mahasiswa dan anggotanya. Tidak ada lagi pemisahan
    antara teori dan praktek. Artinya, dalam satu materi individu, haruslah
    memiliki kadar teori dan praktek. Tidaklah tepat apabila dalam satu materi
    tersebut hanya bisa “ber-teori namun tidak bisa berpraktek” dan demikian pula
    kebalikannya.



    Teori
    atau dasar pikir dalam melaksanakan pendidikan tentunya tidaklah hadir atau
    muncul begitu saja, bisa kita dapatkan dari diskusi, membaca, mendengar,
    menyelenggarakan pendidikan yang kemudian kita sebut dengan praktek. Artinya,
    teori atau filosofi pendidikan akan kita dapatkan dari praktek. Secara khusus
    adalah praktek pendidikan.



    Praktek
    Pendidikan tidaklah dapat dipisahkan dari pekerjaan propaganda. Karena secara
    hakikat, propaganda adalah “memajukan kesadaran”. Dari yang tidak tahu menjadi
    tahu, tahu sedikit menjadi tahu banyak. Dari massa menjadi anggota, dari
    anggota pasif, menjadi anggota aktif. Sehingga, praktek pekerjaan pendidikan
    dan propaganda kita haruslah bersinergi secara langsung dan tidak dapat
    dipisahkan dengan pekerjaan pengorganisiran.



    Teori yang kita dapatkan
    tentang pelaksanaan pendidikan akan selalu lahir dari praktek.Pertanyaannya
    kemudian adalah, praktek siapa dan bagaimana? Yang pokok dan memegang peranan
    menentukan adalah praktek kita sendiri secara organisasi(FMN). Sedangkan
    praktek orang atau organisasi lain adalah berperan dalam mempengaruhi, tidak
    menentukan. Ini menjadi salahsatu yang harus selalu kita ingat karena masih
    banyak ide atau pikiran yang seringkali berangkat dari “keberhasilan” praktek
    organisasi atau orang lain yang mungkin belum tentu akan “berhasil” apabila
    kita praktekkan.



    Sehingga,
    penting sifatnya, apabila sebagai sebuah organisasi massa pemuda mahasiswa yang
    berkarakter demokrasi nasional, FMN memiliki filosofi atau cara pandangnya atas
    pendidikan yang berangkat dari evaluasi atau penilaian (assesment) atas
    prakteknya (summing up) selama ini (bersifat menentukan), dan situasi
    obyektif yang sedang berkembang, baik masyarakat ataupun negara (bersifat
    mempengaruhi) yang telah dianalisis secara obyektif oleh organisasi, tanpa
    meniadakan salah satunya untuk menghindari penyakit oportunisme kanan ataupun
    kiri.



    Analisis
    konkret atas situasi yang konkret dalam satu waktu tertentu menjadi sandaran
    bagi metode analisis yang tepat dan obyektif bagi organisasi yang maju dan
    bersegi hari depan yang cerah.



    Belajar dari pengalaman praktek
    pendidikan yang telah secara bersama kita nilai serta kita simpulkan selama ini
    maka, FMN merumuskan cara pandang atau filosofis pendidikannya adalah sebagai
    berikut :



    1.
    Pendidikan adalah usaha
    kongkret memajukan kesadaran dan menyatukan pikiran serta tindakan(teori dan
    praktek) anggota dan massa dalam memperjuangkan hak-hak demokratis pemuda
    mahasiswa secara khusus, hak-hak rakyat secara umum dan terlibat aktif dalam
    perjuangan demokrasi nasional.



    2.
    Pendidikan adalah hak setiap
    anggota dan massa, maka organisasi berkewajiban memberikan pendidikan untuk
    memajukan kesadaran anggota dan massa.



    Pendidikan
    harus dapat membentuk kerangka berpikir(cara berpikir yang tepat) dan
    berpraktek yang tepat dalam organisasi FMN yang demokratik, patriotik, dan
    militan

      Waktu sekarang Thu May 09, 2024 4:05 pm