Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    teori belajar

    sumanto
    sumanto
    Mega Ultimate Member


    Zodiac : Libra Jumlah posting : 123
    Join date : 03.07.10
    Age : 58
    Lokasi : di belakangmu

    teori belajar Empty teori belajar

    Post by sumanto Wed Jul 07, 2010 4:26 pm

    Teori belajar
    Behavioristik






    a. Pengertian


    Adalah teori belajar yang lebih
    menekankan pada tingkah laku manusia. Memandang individu sebagai makhluk
    reaktif yang memberirespon terhadap lingkungan.Pengalaman dan pemeliharaan akan
    membentuk perilaku mereka.






    b. Kerangka Berfikir


    1.
    Mementingkan
    pengaruh lingkungan



    2.
    Mementingkan
    bagian-bagian (elementalistik)



    3.
    mementingkan
    peranan reaksi



    4.
    Mengutamakan
    mekanisme terbentunya hasil belajar melalui prosedur stimulus respon



    5.
    Mementingkan
    peranan kemampuan yang sudah terbentuk sebelumnya



    6.
    Mementingkan
    pembentukan kebiasaan melalui latihan dan pengulangan



    7.
    Hasil
    belajar yang dicapai adalah munculnya perilaku yang diinginkan






    c. Tokoh-tokohnya


    1. Edward
    E. Lee Thorndike



    Menurutnya,
    belajar merupakan peristiwa tebentuknya asosiasi-asosiasi antara
    perstiwa-peristiwa yang disebut stimulus dengan respon dan diperlukan adanya
    kemampuan untuk memilih respon yang tepat serta melalui usaha-usaha dan
    kegagalan-kegagalan terlebih dahulu.



    Thorndike
    mengemukakan bahwa terjadinya asosisasi tersebut mengikuti hokum-hukum :




    i.
    Hukum
    kesiapan




    ii.
    Huum
    Latihan




    iii.
    Hukum
    Akibat



    Yang
    selanjutnya Thorndike juga menambahkan hokum tambahan sebagai berikut:




    iv.
    Hukum
    Reaksi Bervariasi




    v.
    Hukum
    Siap




    vi.
    Hukum
    Ativitas Berat Sebelah




    vii.
    Huum
    Respon By Analogi




    viii.
    Huum
    Perpindahan Asosiasi



    Dan
    dalam perjalanan penyampaian teorinya Thorndike mengemukakan revisi hukum
    belajar antara lain :




    ix.
    Hukum
    Latihan ditinggalkan karena ditemukan pengulangan saja tidak cukup untuk
    memperkuat hubungan stimulus respon




    x.
    Hukum
    Akibat direvisi




    xi.
    Syarat
    utama terjadinya hubungan stimulus respon bukan kedekatan tetapi adanya saling
    sesuai antara stimulus dan respon




    xii.
    Akibat
    suatu perbuatandapat menular baik pada bidang lain maupun pada individu lain.









    2. Ivan
    Petrovich Pavlov



    Dari
    eksperimen Pavlov, diketahui bahwa dengan menerapkan strategi tersebut ternyata
    individu dapat dikendalian melalui cara mengganti stimulus alami dengan
    stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan,
    sementara individu tidak menyaadri bahwa ia dikendalikan oleh stimulus yang
    berasal dari luar dirinya.






    3. Burrhus
    Frederic Skinner



    Skinner
    menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan, pengetahuan
    yang terbentuk melalui ikatan stimulus dengan respon akan semakin kuat apabila
    diberi penguatan. Baik penguatan positif maupun negatif, dimana peningkatan
    positif dapat meningkatkan terjadinya pengulangan tingkah laku itu sedangkan
    penguatan negative dapat mengakibatkan perilaku berkurang atau menghilang.



    Beberapa
    prinsip belajar Skinner :



    1.
    Hasil
    belajar harus segera diberitahukan kepada siswa, jika salah dibetulkan dan jika
    benar diberi penguat



    2.
    Proses
    belajar harus mengikuti irama dari yang belajar



    3.
    Materi
    pelajaran didunakan system modul



    4.
    dalam
    proses pembelajaran, lebih dipentingkan aktivitas sendiri



    5.
    Dalam
    proses pembelajaran, tidak digunakan hukuman



    6.
    Tingkah
    laku yang diinginkan pendidik, diberi hadiah, dan sebaiknya hadiah diberikan
    dengan digunakannya jadwal variable rasio reinforcer



    7.
    Dlam
    pembelajaran digunakan shaping






    4. Robert
    Gagne



    Menurut
    Gagne, belajar dimulai dari paling sederhana (belajar signal) dilanjutkan pada
    yang lebih kompleks sampai pada tipe belajar yang lebih tinggi dan prakteknya
    tetap mengacu pada asosiasi stimulus-respon.






    5. Albert
    Bandura



    Teori
    belajar social Bandura menunjukkan pentingnya proses mengamati dan meniru
    perilaku, sikap, dan reaksi emosi orang lain. Teori Bandura menjadi dasar dari
    perilaku pemodelan yang digunakan dalam berbagai pendidikkan secara missal.









    d. Aplikasi teori
    Behavioristik terhadap pembelajaran siswa



    1.
    Guru
    menyusun bahan pelajaran dalam bentuk yang sudah siap sehingga tujuan
    pembelajaran yang harus dikuasai siswa disampaikan secara utuh oleh guru



    2.
    Guru
    tidak banyak memberikan ceramah, tetapi instruksi singkat yang diikuti
    contoh-contoh baik dilakukan sendiri maupun simulasi



    3.
    Bahan
    pelajaran disusun secara hierarki dari yang sederhana sampai pada yang kompleks



    4.
    Pembelajaran
    berorientasi pada hasil yang dapat diukur dan diamati



    5.
    Kesalahan
    harus segera diperbaiki



    6.
    Pengulangan
    dan latihan digunakan supaya perilaku yang diinginkan dapat menjadi kebiasaan



    7.
    Evaulasi
    atau penilaian didasari atas perilaku yang tampak.









    e. Kekurangan dan
    Kelebihan Teori Belajar Behavioristik






    Kekurangan
    :



    Pembelajaran
    siswa yang berpusat pada guru (teacher centered learning), bersifat meanistik,
    dan hanya berorientasi pada hasil yang diamati dan diukur



    Murid
    hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan guru dan menghafalkan apa yang
    didengar dan dipandang sebagai cara belajar yang efektif.






    Kelebihan
    :



    Sangat
    cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan pembiasaan yang
    mengandung unsure-unsur seperti kecepatan, spontanitas, kelenturan, refleks,
    dan daya tahan.



    Contoh
    : Percaapan bahasa Asing, menari, mengetik, olah raga, dll.



    Cocok
    diterapkakn untuk melatih anak-anak yang masih membutuhkan dominasi peran orang
    dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan, suka meniru dan senang dengan
    bentuk-bentuk penghargaan langsung seperti diberi hadiah atau pujian.



    Dapat
    dikendalikan melalui cara mengganti mengganti stimulus alami dengan stimulus yang
    tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan, sementara individu
    tidak menyadari bahwa ia dikendalikan oleh stimulus yang berasal dari luar
    dirinya.






    Teori
    Belajar Humanistik






    a. Pengertian


    Merupakan
    teori yang menjelaskan bahwa pada hakekatnya setiap diri manusia adalah unik,
    memiliki potensi individual dan dorongan internal untuk berkembang dan
    membentuk perilakunya. Maka setiap diri manusia bebas dan memiliki
    kecenderungan untuk tumbuh dan berkembang mencapai aktualisasi diri. Lebih lanjut
    dikatakan bahwa kebutuhan manusia adalah bertingkat-tingkat, terdiri dari
    tingkatan kebutuhan faal, kebutuhan keamanan, kebutuhan pengakuan, dan
    kebutuhan aktualisasi diri.






    b. Kerangka
    Berfikir



    1.
    Merumuskan
    tujuan belajar yang jelas



    2.
    Mengusahakan
    partisipasi aktif siswa melalui kontrak belajar yang bersifat jelas, jujur, dan
    positif



    3.
    Mendorong
    siswa untuk mengembangkan kesanggupan siswa untuk belajar atas inisiatif
    sendiri



    4.
    Mendorong
    siswa untuk peka, berfikir kritis, memahami proses pembelajaran secara mandiri



    5.
    Siswa
    didorong untuk bebas mengemukakan pendapat, memilih pilihannya sendiri,
    melakukan apa yang diinginkan dan menanggung resiko dari perilaku yang
    ditunjukkan



    6.
    Guru
    menerima siswa apa adanya, berusaha memahami jalan pikiran siswa, tidak menilai
    secara normative tetapi mendorong siswa untuk bertanggungjawab atas segala
    resiko perbuatan atau proses belajarnya



    7.
    Memberikan
    kesempatan murid untuk maju sesuai denga kecepatannya



    8.
    Evaulasi
    diberikan secara individual berdasarkan perolehan prestasi siswa.






    c. Tokoh-tokohnya


    1. Arthur
    Combs



    Combs
    berpendapat bahwa belajar terjadi apabila mempunyai arti bagi individu.Guru
    tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan
    kehidupan siswa.Untuk itu guru harus memahami perilaku siswa dengan mencoba
    memahami dunia persepsi siswa tersebut sehingga apabila ingin merubah
    perilakunya, guru harus berusaha mengubah keyakinan atau pandangan siswa yang
    ada. Seamain jauh peristiwa-peristiwa itu dari perseosi diri makin berkurang
    pengaruhnya terhadap perilakunya. Jadi, hal-hal yang mempunyai sedikit hubungan
    dengan diri, makin mudah hal itu terlupakan.



    2. Abraham
    Maslow



    Maslow
    mengemukakan bahwa individu berperilaku dalam upaya untu memenuhi kebutuhan
    yang bersifat hierarkis.Menurutnya, hierarki kebutuhan manusia ini mempunyai
    implikasi yang penting yang harus diperhatikan oleh guru pada waktu ia mengajar
    anak-anak. Parhatian dan motivasi belajar tidak mungkin berkembang kalau
    kebutuhan dasar si siswa belum terpenuhi.



    3. Carl
    Rogers



    Menurut
    Rogers yang terpenting dalam proses pembelajaran adalah guru memperhatikan
    prinsip pendidikan dan pembelajaran yaitu :



    a.
    Menjadi
    manusia berarti memiliki kekuatan yang wajar untuk belajar, siswa tidak harus
    belajar tentang hal-hal yang tidak ada artinya



    b.
    siswa
    akan mempelajari hal-hal yang bermakna bagi dirinya



    c.
    Pengorganisasian
    bahan pengajaran berarti mengorganisasikan bahan dan ide baru sebagai bagian
    yang bermakna bagi siswa



    d.
    Bermakna
    yang dalam masyarakat modern berarti belajar tentang proses.






    d. Aplikasi
    teori Humanistik terhadap pembelajaran siswa



    Peran
    guru dalam pembelajaran Humanistik adalah menajdi fasilitator bagi para siswa
    dengan memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna belajar dalam kehidupan
    siswa. Guru memfasilitasi pengalaman belajar kepada siswa dan mendampingi siswa
    untuk memperoleh tujuan pembelajaran. Siswa berperan sebagai pelaku utama yang
    memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri. Dan diharapan siswa memahami
    potensi diri, mengembangkan potensi dirinya secara positif dan meminimalkan
    potensi diri yang bersifat negative.






    e. Kekurangan
    dan Kelebihan Teori Belajar Humanistik






    Kekurangan


    Peserta
    didik kesulitan dalam mengenal diri dan potensi-potensi yang ada pada diri
    mereka.






    Kelebihan


    Dalam
    pembelajaran pada teori ini, siswa dituntut untuk berusaha agar lambat laun
    mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya.












    Sumber: Psikologi Pendidikan 2006


    Dasar-dasar Psikologi 1993


    Perkembangan Peserta Didik


    http://www.geocities.com/norlionline





    By: Anggoro Ari Wibowo


    06018248162/S6.B

      Waktu sekarang Thu May 09, 2024 1:55 pm