Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    john calvin

    ratri
    ratri
    Mega Ultimate Member


    Zodiac : Virgo Jumlah posting : 281
    Join date : 01.04.10
    Age : 36
    Lokasi : di hati si admin

    john calvin Empty john calvin

    Post by ratri Sun May 23, 2010 3:37 pm

    55 JOHN CALVIN 1509-1564



    Tak bisa tidak, dia salah seorang tokoh utama dalam sejarah Eropa. Orang itu
    adalah John Calvin, teolog dan moralis Protestan. Pandangannya yang begitu
    beraneka ragam tentang masalah seperti teologi, pemerintahan, moral pribadi dan
    kebiasaan bekerja, lebih dari empat ratus tahun mempengaruhi tingkah laku dan
    perikehidupan jutaan orang.

    John Calvin (nama aslinya: Jean Cauvin) lahir tahun 1509 di kota Noyon,
    Perancis. Dia peroleh pendidikan baik. Sesudah belajar di College de Montaigue
    di Paris, dia masuk Universitas Orleans belajar hukum. Dia pun belajar hukum di
    Bourges.

    Calvin baru berumur delapan tahun tatkala Martin Luther menempelkan
    posternya. "Tesis" di pintu gereja Wittenberg yang membuahkan
    reformasi Protestan. Calvin dibesarkan sebagai orang Katolik, tetapi selaku
    orang muda dia ganti jadi pemeluk Protestan. Menghindari hukuman, dia segera
    pergi ke Paris tempat yang pernah dia tinggali, dan sesudah mengembara beberapa
    lama, dia menetap di Basel, Swiss. Di sana dia hidup dengan nama samaran dan
    terus memperdalam teologi. Di tahun 1536 tatkala umurnya mencapai dua puluh
    tujuh tahun diterbitkanlah bukunya yang terkenal Lembaga Agama Kristen. Buku
    ini yang menghimpun pokok-pokok kepercayaan Protestan dan menyuguhkan dalam
    bentuk yang sistematis dan mudah dicerna, membuatnya masyhur.

    Kemudian di tahun 1536 dia mengunjungi Jenewa, tempat faham Protestan dengan
    cepat berkembang dan menjadi kuat. Dia minta tinggal di sana sebagai guru dan
    pemuka masyarakat Protestan. Tetapi, pertentangan segera timbul antara pihak
    penganut Calvin yang keras dan puritan dengan orang-orang Jenewa, dan di tahun
    1538 dia dipaksa meninggalkan kota itu. Tetapi, di tahun 1541 dia diundang
    untuk datang lagi. Ini dilakukannya dan dia menjadi bukan semata pemuka agama
    di kota itu, melainkan sekaligus jadi pemuka politik yang efektif hingga
    ajalnya tahun 1564.

    Dalam teori, Calvin tak pernah jadi diktator di Jenewa. Banyak penduduk
    punya hak pilih dan banyak kekuasaan politik formal dipegang oleh sebuah dewan
    yang terdiri dari dua puluh lima orang. Calvin bukanlah anggota dewan ini. Dia
    bisa dipindah tiap saat (dan memang terjadi dia diusir di tahun 1538) bilamana
    dia tidak disukai oleh mayoritas. Namun, dalam praktek dia menguasai kota. Dan
    sesudah tahun 1555 dia pada dasarnya merupakan seorang otokrat.

    Di bawah kepemimpinan Calvin, Jenewa menjadi pusat Protestan yang menonjol
    di Eropa. Calvin dengan gigih mencoba mendorong kemajuan dan pertumbuhan
    Protestan di negeri-negeri lain, khusus di Perancis, dan ada sementara waktu
    Jenewa dijuluki "Romanya Protestant". Hal pertama yang dilakukannya
    sekembalinya di Jenewa adalah menggariskan aturan-aturan gerejani untuk gereja
    pembaharuan di sana. Selama di Jenewa Calvin menulis banyak esai keagamaan yang
    berpengaruh. Esai-esai ini menjadi patokan buat gereja-gereja pembaharuan di
    Eropa, dan berbarengan dengan itu meneruskan memperbaiki dia punya buku Lembaga
    Agama Kristen. Dia juga memberi serangkaian ceramah-ceramah tentang teologi dan
    Injil.

    Jenewanya Calvin merupakan kota yang agak puritan dan keras. Bukan cuma
    perzinahan dan hubungan bebas dianggap kejahatan berat, tetapi juga judi, mabuk
    dan dansa serta nyanyi lagu-lagu ngelantur semuanya terlarang dan bisa
    mengakibatkan jatuhnya hukuman berat. Kunjungan ke gereja pada jam-jam yang
    diatur oleh acara merupakan perintah hukum dan panjangnya khotbah sudah menjadi
    kebiasaan.

    Calvin sangat mendorong ketekunan kerja. Dia juga mengobarkan semangat
    belajar. Dalam masa pemerintahannyalah Universitas Jenewa didirikan.

    Calvin orang yang tidak kenal toleransi, dan siapa yang dianggap murtad,
    segera dapat kutukan dan hukuman di Jenewa. Korbannya yang terkenal (walau
    jumlahnya tidak banyak) adalah Michael Servetus, seorang dokter dan teolog yang
    tidak percaya doktrin Trinitas. Ketika Servetus datang di Jenewa, dia ditahan,
    diadili dengan tuduhan murtad, dan dijatuhi hukuman bakar hingga hangus jadi
    arang (1553). Juga, beberapa orang yang dituduh jadi tukang sihir menjalani
    nasib serupa di masa pemerintahannya.

    Calvin meninggal dunia di Jenewa tahun 1564. Dia beristeri, tetapi sang
    isteri berpulang tahun 1549 dan anak satu-satunya mati begitu lahir.

    Arti penting Calvin tidak terletak pada kegiatari langsung politiknya,
    melainkan pada ideologi yang disiarkannya. Ditekankannya pada kekuasaan dan
    makna penting Injil, dan seperti halnya Luther, menolak kebiasaan dan
    pentingnya gereja Katolik Roma. Dan seperti halnya Luther, St. Augustine dan
    St. Paul, Calvin berpegang pada pendapat bahwa semua manusia itu berdosa, dan
    penyelamatannya bukan lantaran bekerja dengan baik-baik melainkan semata-mata
    lewat kepercayaan. Yang paling mengesankan adalah pikiran Calvin tentang adanya
    takdir serta orang terkutuk. Menurut Calvin, Tuhan sudah ambil keputusan
    --tanpa pertimbangan kebajikan yang diperbuatnya--apabila seseorang itu
    terselamatkan atau terkutuk. Jika demikian halnya, buat apa seseorang mesti
    berbuat dan bermoral baik? Jawaban Calvin adalah "si terpilih"
    (orang-orang yang dipilih Tuhan menerima Nabi Isa karena itu menerima
    pembebasan dosa) sudah pula dipilih Tuhan untuk berbuat benar. Kita tidak
    selamat berhubung sudah berbuat benar. Kita tidak selamat berhubung sudah
    berbuat baik, tetapi kita berbuat baik karena Tuhan telah memilih kita untuk
    jadi selamat dari dosa. Walaupun doktrin itu tampaknya ganjil, tak diragukan
    lagi hal itu telah mengilhami para pengikut Calvin untuk hidup secara taat dan
    polos luar biasa.

    Calvin sudah memberi sumbangan pengaruh besar kepada dunia. Doktrin
    teologinya akhirnya merebut pendukung lebih banyak ketimbang yang diperoleh
    Luther. Meskipun daerah Jerman bagian utara dan Skandinavia merupakan daerah
    kaum Lutheran yang berakar, tetapi Swiss dan negeri Belanda menjadi daerah
    Calvinis. Ada sebagian kecil penganut Calvin di Polandia, Hongaria dan Jerman.
    Kaum Presbytarian di Skotlandia adalah Calvinis, seperti halnya orang-orang
    Huguenot di Perancis dan kaum Puritan di Inggris. Pengaruh Puritan di Amerika,
    tentu saja, cukup kuat dan bertahan lama.

    Jenewanya Calvin lebih mendekati sebuah kota teokrasi ketimbang demokrasi,
    namun kalau ditilik-tilik, pada akhirnya akan tampak jua bertambahnya
    gejala-gejala demokratis. Atau bisa juga akibat karena pengikut Calvin di
    banyak negeri itu minoritas, mereka pilih mendingan bersandar saja pada
    kekuatan penguasa daripada beraneh-aneh tingkah. Atau disebabkan lantaran
    faktor pengaruh tatanan keorganisasian gerejanya sendiri yang sedikit banyak
    memberi warna kepada sikap tindakan mereka menghadapi dunia luar. Tetapi, apa
    pun alasannya, basis kekuatan kaum Calvinis yang asli (Swiss, Negeri Belanda
    dan Inggris) menjadi basis kekuatan demokrasi pula.

    Ada yang menuntut pengakuan bahwa doktrin Calvin merupakan faktor utama
    terbentuknya apa yang disebut "Etik kerja Protestan", dan merupakan
    faktor utama pula tumbuhnya kapitalisme. Dalam hal ini agak sukar ditetapkan
    sampai seberapa jauh dan banyak kadar Calvinis yang memegang peranan. Belanda,
    misalnya, sudah punya penduduk yang berpembawaan rajin, jauh sebelum Calvin
    lahir ke dunia. Sebaliknya, tidak beralasan juga mengecilkan makna seruan
    Calvin agar pengikutnya bekerja keras. (Perlu agaknya dicatat, Calvin ada
    mengijinkan renten (riba), sesuatu yang dikutuk keras oleh moralis-moralis
    Kristen sebelumnya. Renten inilah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan
    kapitalisme).

    Seberapa tinggi baiknya kedudukan Calvin mesti ditempatkan pada daftar
    urutan buku ini? Pengaruh Calvin telah menurun khusus di Eropa dan Amerika
    Utara. Dan lebih jauh lagi, jelas sekali pengaruhnya dengan tajam menurun pada
    abad lalu. Dan dalam beberapa hal, kedudukan Calvinisme telah tergeser oleh
    tokoh-tokoh sebelumnya seperti Nabi Isa, St.
    Paul dan Luther.

    Meskipun reformasi Protestan punya makna sebagai peristiwa sejarah, jelas
    pula bahwa Martin Luther adalah tokoh paling bertanggung jawab atas kebangkitan
    itu. Calvin sendiri hanyalah salah seorang dari sekian banyak tokoh Protestan
    berpengaruh lainnya yang muncul sesudah Luther. Karena itu jelaslah Calvin
    mesti ditempatkan dalam urutan jauh di bawah Luther. Di lain pihak, Calvin
    mesti ditempatkan di atas filosof-filosof seperti Voltaire dan Rousseau
    sebagian karena pengaruhnya berkembang dalam jangka waktu dua kali lamanya
    ketimbang pengaruh mereka, dan sebagian lagi karena ide-idenya merasuk dalam
    sekali ke kalbu para pengikutnya.

    Situs Web



      Similar topics

      -

      Waktu sekarang Thu May 09, 2024 1:03 pm