Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    JJ. Rosseau

    ratri
    ratri
    Mega Ultimate Member


    Zodiac : Virgo Jumlah posting : 281
    Join date : 01.04.10
    Age : 36
    Lokasi : di hati si admin

    JJ. Rosseau Empty JJ. Rosseau

    Post by ratri Sun May 23, 2010 3:53 pm

    71 JEAN-JACQUES ROUSSEAU 1712-1778



    Lahir di Jenewa, Swiss, filosof tenar Jean-Jacques Rousseau ini. Malang menimpa, bundanya
    hembuskan napas teraklrir tak lama sesudah melahirkannya. Rupanya, nasib buruk
    masih terus membuntuti: di umur sepuluh tahun ayahnya diusir dan meninggalkan
    Jenewa dan hiduplah Rousseau seorang diri. Kemudian Rousseau sendiri
    meninggalkan Jenewa tahun 1728 ketika umurnya menginjak enam belas tahun.
    Bertahun Rousseau awam seawam-awamnya, tak terkenal namanya samasekali,
    berkelana dari satu tempat ke tempat lain, dan bekerja di satu tempat dan
    pindah kerja di tempat lain. Di sela-sela itu dia terlibat percintaan dengan
    banyak wanita, antara lain dengan Therese Levasseur yang ujungujungnya punya lima anak di luar
    perkawinan. Dia tempatkan kelima anak itu di asrama anak-anak yang tidak
    ketahuan bapak-ibunya. (Tatkala usianya mencapai lima puluh tahun, Therese
    dinikahinya betul-betul).

    Pada tahun 1750 --di umur tiga puluh delapan-- mendadak Rousseau jadi tenar.
    Akademi Dijon menawarkan hadiah esai terbaik tentang pokok soal: apakah seni
    dan ilmu pengetahuan memang punya manfaat buat kemanusiaan, berhasil dapat
    hadiah pertama. Sesudah itu namanya melangit. Beruntun muncullah karya-karya
    lainnya, termasuk Discourse on the Origin of Inequality (1755); La nouvelle
    Heloise (1761); Emile (1762); The Social Contract (1762); Confessions (1770)
    yang kesemuanya itu melambungkan kemasyhurannya. Tambahan lagi, karena Rousseau
    suka musik, dia menggubah dua opera masing-masing Les muses galantes dan Le devin
    du village.

    Kendati mulanya Rousseau sahabat sejumlah penulis pembaharu Perancis
    --termasuk Denis Diderot dan Jean d'Alambert, jalan pikirannya segera
    bersimpang jalan tajam dengan mereka. Karena Rousseau menentang rencana
    Voltaire mendirikan sebuah teater di Jenewa (Rousseau bersikeras bahwa teater
    merupakan sekolah yang membejatkan moral), Rousseau dibenci habis-habisan oleh
    Voltaire. Disamping itu, citra rasa Rousseau berbeda amat dengan rasionalisme
    Voltaire dan kaum Encyclopedist. Mulai tahun 1762 dan seterusnya, Rousseau
    menghadapi kesulitan dengan pihak penguasa karena tulisan-tulisan politiknya.
    Beberapa kawan dekatnya mulai menjauh darinya dan bersamaan dengan saat itulah
    Rousseau tampak mengalami kelainan jiwa. Meskipun sejumlah orang masih bersahabat
    dengannya, Rousseau bersikap bermusuhan dengan mereka karena sifatnya sudah
    menjadi penuh curiga dan kasar. Selama dua puluh tahun sisa hidupnya, dia
    umumnya menjadi orang penuh benci dan kecewa serta dirundung kemurungan tak
    bahagia. Dia meninggal dunia 1778 di Ermenonville Perancis.

    Tulisan-tulisan Rousseau orang bilang merupakan faktor penting bagi
    pertumbuhan sosialisme, romantisme, totaliterisme, anti-rasionalisme, serta
    perintis jalan ke arah pecahnya Revolusi Perancis dan merupakan penyumbang buat
    ide-ide modern menuju demokrasi dan persamaan. Dia juga dianggap punya
    sumbangan penting dalam hal pengaruh teori pendidikan modern. Telah lama
    dipermasalahkan di bidang teoritis bahwa manusia hampir pada hakekatnya
    merupakan produk alam sekitarnya (karena itu mudah berubah serta peka).
    Anggapan ini berasal pula dari tulisan-tulisan Rousseau. Dan sudah barang
    tentu, dia pun punya saham dalam hal pemikiran bahwa teknologi modern dan
    masyarakat itu sesuatu yang buruk. Dia pula yang memperkenalkan khayalan
    tentang "kualitas keprimitifan." Pada mulanya Rousseau tidak pernah
    menggunakan sebutan itu, dan juga dia tidak merupakan seorang pengagum penduduk
    pribumi pulau-pulau di laut selatan, atau pun orang-orang Indian. Pikiran
    tentang apa yang disebut "kualitas keprimitifan" telah dikenal jauh
    sebelum jaman Rousseau, dan penyair Inggris kenamaan, John Dryden, sudah
    menggunakan sebutan yang persis begitu lebih dari seabad sebelum Rousseau lahir
    ke dunia. Dan bukan pula Rousseau yang berpendapat dan bersikap bahwa
    masyarakat itu dasarnya brengsek. Malah sebaliknya, dia senantiasa menekankan
    bahwa masyarakat itu perlu untuk manusia.

    Dan akan halnya Rousseau-lah yang mula-mula mencetuskan gagasan
    "kontrak sosial" itu pun sepenuhnya palsu. Gagasan ini sudah didiskusikan
    panjang-lebar oleh John Locke yang hasil karyanya sudah diterbitkan jauh
    sebelum Rousseau lahir. Bukti menunjukkan, filosof Inggris yang masyhur Thomas
    Hobbes telah pula mendiskusikan pikiran ini (kontrak sosial) bahkan sebelum
    John Locke.

    Bagaimana pula ihwal penolakan Rousseau terhadap teknologi? Amatlah gamblang
    dan jelas bahwa dua abad sesudah Rousseau meninggal dunia menyaksikan tumbuhnya
    teknologi yang luar biasa. Penentangan Rousseau terhadap teknologi dengan
    begitu jelas sia-sia belaka. Kalau toh terasa ada gerutu anti teknologi dewasa
    ini, itu sama sekali bukanlah bertolak dari tulisan Rousseau melainkan akibat
    yang tak diharapkan dari penggunaan teknologi yang tak terkendali di abad akhir
    ini.

    Banyak para pemikir mengusulkan bahwa faktor lingkungan punya makna penting
    dalam pembentukan karakter manusia, karena itu saya pikir tak ada alasan
    mengaitkan ini dengan pikiran Rousseau karena toh memang menjadi pendapat umum.
    Begitu juga nasionalisme, sudah merupakan faktor pendorong utama jauh sebelum
    Rousseau hidup dan peranannya dalam pertumbuhan nasionalisme ini tidaklah
    seberapa.

    Apakah tulisan-tulisan Rousseau merintis jalan ke arah pecahnya Revolusi
    Perancis? Sampai batas tertentu memang tak dapat disangkal, dan mungkin lebih
    penting dari apa yang disumbangkan oleh Diderot dan d' Alambert. Tetapi,
    pengaruh Voltaire yang tulisan-tulisannya muncul lebih dulu, jumlahnya lebih
    banyak, lebih jelas arahnya, pokoknya lebih punya kaitan dari banyak segi.

    Memang benar, Rousseau seorang anti-rasionalis diukur dari wataknya, khusus
    bertentangan dengan para penulis masyhur Perancis pada jamannya. Tetapi,
    anti-rasionalis bukanlah pula barang baru; kepercayaan politis serta sosial
    kita sering bertolak dari emosi dan prasangka, kendati kita coba-coba
    menyebutnya rasional sekedar satu alasan untuk meyakinkan mereka.

    Tetapi, jika pengaruh Rousseau tidaklah sebesar anggapan para pengagumnya,
    bagaimanapun juga cukup meluas. Sebab, sepenuhnya benar bahwa dia merupakan
    faktor penting dalam hal pertumbuhan romantisme dalam kesusasteraan, dan
    pengaruhnya di bidang teori pendidikan berikut pemraktekannya telah membuktikan
    arti pentingnya. Rousseau memperkecil makna penting pendidikan anak-anak lewat
    buku bacaannya, karena dianggapnya lebih efektif belajar lewat pengalaman. (Kebetulan,
    Rousseau seorang penganjur gigih agar bayi minum susu ibu). Kedengarannya
    mencengangkan betapa seorang yang meninggalkan anaknya sendiri punya keberanian
    beri ceramah perihal bagaimana memelihara dan membesarkan anak-anak, tetapi tak
    usah diragukan bahwa gagasan-gagasan Rousseau punya pengaruh mendalam pada
    teori pendidikan modern.

    Banyak pikiran menarik dan orisinal terdapat dalam tulisan-tulisan politik
    Rousseau. Tetapi yang paling menonjol dari kesemuanya itu adalah gairahnya yang
    berkobar-kobar terhadap terjelmanya persamaan hak dan derajat, dan perasaan
    yang membawa bahwa struktur masyarakat yang ada merupakan sesuatu yang tak
    tertahankan ketidakadilannya. ("Manusia dilahirkan merdeka; dan di
    mana-mana dia terbelenggu oleh rantai"). Rousseau sendiri tidak
    menganjurkan tindak kekerasan, tetapi jelas dia menggoda orang lain memilih
    revolusi kekerasan untuk mencapai perbaikan tingkat demi tingkat.

    Pandangan Rousseau terhadap milik pribadi (dan juga terhadap pelbagai pokok
    masalah) sering bertentangan satu sama lain. Pernah dia menggambarkan hak milik
    pribadi itu merupakan "hak yang paling suci dari semua hak penduduk."
    Tetapi, bisa juga dibilang bahwa serangannya terhadap hak milik pribadi punya
    akibat lebih besar terhadap sikap para pembacanya ketimbang
    komentar-komentarnya yang bernada memuji dan menyanjung. Rousseau merupakan
    salah satu dari penulis modern pertama yang punya arti penting melabrak habis
    lembaga hak milik pribadi, karena itu dia bisa dianggap selaku pemula dari
    faham sosialisme dan komunisme modern.

    Akhirulkalam, orang tidak boleh anggap sepele teori Rousseau di bidang
    konstitusi. Ide sentral tentang "Kontrak sosial" adalah, menurut
    bunyi kalimat Rousseau sendiri "pengalihan secara total seluruh hak-hak
    orang per orang kepada masyarakat secara keseluruhan." Kalimat ini
    mempersempit ruang gerak buat kebebasan pribadi atau untuk hak-hak asasi.
    Rousseau sendiri adalah seorang pembangkang terhadap penguasa, tetapi pengaruh
    pokok dari bukunya dapat dibuktikan kemudian oleh negara-negara totaliter.

    Rousseau dikritik sebagai seorang kehinggapan penyakit syaraf yang gawat
    (belum lagi anggapan bahwa dia sinting), sebagai seorang lelaki chauvinis,
    seorang pemikir yang bikin resah dan pikirannya tidak praktis. Kritik-kritik
    macam ini umumnya dapat dibenarkan. Tetapi, yang lebih penting dari
    kekurangan-kekurangan yang ada pada Rousseau adalah pandangannya yang tajam dan
    kecerdasan yang orisinal yang terus berlangsung mempengaruhi pemikiran modern
    selama lebih dari dua abad.

    Situs Web




      Waktu sekarang Thu May 09, 2024 1:04 pm