Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Join the forum, it's quick and easy

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

ingin bergabung dengan elrakyat.tk klik pendaftaran. jika anda sudah pernah mendaftar silakan login. jangan lupa ajak kawan-kawanmu ke mari , dan jadilah top poster di forum kita

Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Komunitas pecinta koleksi jadul

salah satu forum terbesar tempat kita bernostalgia

Login

Lupa password?

Our traffic

info rakyat

Sun Oct 31, 2010 9:05 pm by admin

---------------
PEMBERITAHUAN....

SF ZONA RELIGI SEKARANG KAMI PINDAH KE [You must be registered and logged in to see this link.] ANDA BISA BERPARTISIPASI DAN MENJADI MODERATOR SESUAI PERMINTAAN ANDA DENGAN REQUEST VIA SMS NO ADMIN 081945520865


Sekilas Info

Sun Jun 27, 2010 2:44 pm by admin

kabar gembira, forum lentera-rakyat mulai hari ini juga bisa diakses melalui [You must be registered and logged in to see this link.]


    pengantar komunikasi

    sumanto
    sumanto
    Mega Ultimate Member


    Zodiac : Libra Jumlah posting : 123
    Join date : 03.07.10
    Age : 58
    Lokasi : di belakangmu

    pengantar komunikasi Empty pengantar komunikasi

    Post by sumanto Wed Jul 07, 2010 3:56 pm

    1
    PENGANTAR KOMUNIKASI [OVERVIEW]
    Oleh Ido Priyono Hadi
    Materi kuliah Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra 2000/2001
    Pengertian : ! Communication ! Communicatio [bhs Latin]. Bersumber juga dari kata
    Communis = Sama [sama makna]
    KOMUNIKASI AKAN BERLANGSUNG APABILA ADA KESAMAAN MAKNA. Kesamaan
    Bahasa belum tentu menimbulkan kesamaan makna.
    Komunikasi dikatakan komunikatif apabila keduabelah pihak selain mengerti bahasa yang
    dipergunakan, juga mengerti MAKNA dari bahan yang dipercakapkan
    • KEGIATAN KOMUNIKASI TDK HANYA INFORMATIF [agar pihak lain MENGERTI
    danTAHU]
    tetapi
    • PERSUASIF [agar pihak lain bersedia menerima suatu PAHAM atau KEYAKINAN,
    melakukan suatu perbuatan atau kegiatan]
    CARL I. HOVLAND [Ilmu Komunikasi]
    Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian
    serta pembentukan pendapat dan sikap.
    Obyek studi ilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga
    pembentukan pendapat umum [public opinion] dan sikap publik [public attitude]
    Definisi khusus : komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain
    [communication is the process to modify the behavior of other individuals]
    HAROL D. LASWELL solusi terbaik dalam menjawab pertanyaan
    WHO SAYS WHAT IN WHICH CHANNEL TO WHOM WITH WHAT EFFECT?
    Kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H
    Paradigma tsb menunjukkan bahwa komunikasi meliputi 5 unsur sebagai jawaban dari
    pertanyaan yang diajukan itu, yakni :
    • Komunikator = who [communicator, source, sender]
    • Pesan = says what [message]
    • Media = in which channel [channel, media]
    • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
    • Efek [effect, impact, influence]
    Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada
    komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.2
    PROSES KOMUNIKASI
    Ada dua tahap : Primer dan Sekunder
    A. Proses Komunikasi secara primer
    Proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan
    menggunakan lambang [symbol] sebagai media*.
    * bahasa, kial [gesture], isyarat, gambar, warna, dsb.
    Paling banyak digunakan adalah bahasa, karena mampu menerjemahkan*
    pikiran sesorang kpd orang lain. * idea, informasi atau opini.
    Kata-kata mengandung dua jenis pengertian :
    • Denotatif, arti sebagaimana tercantum dalam kamus [dictionary meaning]
    • Konotatif, arti emosional atau mengandung penilaian tertentu/ kiasan
    [emotional or evaluate meaning]
    BAHASA MEMEGANG PERANAN PENTING DALAM PROSES KOMUNIKASI.
    Wilbur Schramm, ahli komunikasi dalam karyanya communication research in the
    USA = komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator
    sesuai dengan kerangka acuan [frame of reference] ! paduan pengalaman dan
    pengertian [collection of experiences and meanings] yang pernah diperoleh
    komunikan.
    B. Proses Komunikasi Secara Sekunder
    Proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan
    alat atau sarana* sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media
    pertama.
    * dipakai karena relatif jauh atau jumlahnya banyak. Sarana itu, surat, telepon, fax,
    koran, majalah, radio, TV, film, e-mail, internet, dsb.
    * perkembangan masyarakat beserta peradaban dan kebudayaan ! mediated
    communication [komunikasi bermedia/koran/radio/tv/internet, dll jangkauan
    luas/efektif efisien untuk pesan-pesan yg bersifat informatif]
    Berdasarkan uraian di atas dapat di susun suatu ikhtisar mengenai lingkup ilmu komunikasi.
    1. Komponen Komunikasi
    ♦ Komunikator [communicator]
    ♦ Pesan [message]
    ♦ Media [media]
    ♦ Komunikan [communicant]
    ♦ Efek [efect]
    2. Proses Komunikasi
    ♦ Proses secara primer
    ♦ Proses secara sekunder
    3. Bentuk Komunikasi3
    " Komunikasi Persona [Personal Communication]
    ♦ Komunikasi intrapersona [intrapersonal communication]
    ♦ Komunikasi antarpersona [interpersonal communication]
    " Komunikasi Kelompok [Group Communication]
    ♦ Komunikasi kelompok kecil [small group communication] Ceramah [lecture],
    diskusi panel [panel discussion], simposium [symposium], forum, seminar,
    curah saran [brain storming], komunikasi antara manager dengan
    sekelompok karyawan,
    ♦ Komunikasi kelompok besar [large group communication] Public speaking,
    Rhetorika
    " Komunikasi Massa [Mass Communications]
    ♦ Pers cetak [koran, majalah, tabloid]
    ♦ Pers elektronik [radio, tv, film]
    ♦ Pers digital [internet : www.detik.com, www.koridor.com, www.berpolitik.com,
    www.kompas.com, www.jawapos.com, ! news portal
    " Komunikasi medio [Medio communication]
    ♦ Surat, telepon, e-mail, pamflet, poster, brosur, spanduk, dll.
    4. Sifat komunikasi
    ♦ Tatap muka [face to face]
    ♦ Bermedia [mediated]
    ♦ Verbal [verbal]
    - Lisan [oral]
    - Tulisan/ cetak [written/ printed]
    ♦ Nonverbal [non-verbal]
    - kial/ isyarat badaniah [gestural]
    - bergambar [pictorial] , facial expressions, spatial relationship
    5. Metode Komunikasi
    ♦ Jurnalistik [journalism]
    - cetak [printed journalism]
    - elektronik [electronic journalism]
    - Digital [digital journalism]
    ♦ Humas [public relation]
    ♦ Periklanan [advertising]
    ♦ Pameran [exhibition/ exposition]
    ♦ Publisitas [publicity]
    ♦ Propaganda
    ♦ Perang urat saraf [psychological warfare]
    ♦ Penerangan [information]
    6. Teknik Komunikasi
    ♦ Komunikasi informatif [informative communication]
    ♦ Komunikasi persuasif [persuasive communication]
    ♦ Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
    ♦ Hubungan manusiawi [human relation]
    7. Tujuan Komunikasi
    ♦ Perubahan sikap [attitude change]
    ♦ Perubahan pendapat [opinion change]
    ♦ Perubahan perilaku [behaviour change]
    ♦ Perubahan sosial [social change]4
    8. Fungsi Komunikasi
    ♦ Menyampaikan informasi/penyebaran[to inform]
    ♦ Mendidik [to educate]
    ♦ Menghibur [to entertain]
    ♦ Mempengaruhi [to influence]
    9. Model Komunikasi
    ♦ Komunikasi satu tahap [one step flow communication]
    ♦ Komunikasi dua tahap [two step flow communication]
    ♦ Komunikasi multitahap [multi step flow communication]
    10. Bidang Komunikasi
    ♦ Komunikasi sosial [social communication]
    ♦ Komunikasi manajemen/ organisasional [management/ organizational
    communication]
    ♦ Komunikasi perusahaan/bidang usaha
    [business communication]
    ♦ Komunikasi politik [political communication]
    ♦ Komunikasi internasional [international communication]
    ♦ Komunikasi antarbudaya [intercultural communication]
    ♦ Komunikasi pembangunan [development communication]
    ♦ Komunikasi lingkungan [environmental communication]
    ♦ Komunikasi tradisional [traditional communication], dst
    Referensi :
    1) Uchjana Effendi, Onong., Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung 1992

      Waktu sekarang Mon Apr 29, 2024 7:30 pm